Sabtu, 21 Januari 2012

Tangga Nada


Saya akan selalu menggunakan tuts piano sebagai contoh, karena jauh lebih mudah dimengerti dibandingkan menggunakan instrument lain. Tangga nada terdiri dari 12 nada yaitu :C – C#/Db – D – D#/Eb – E – F –F#/Gb – G – G#/Ab – A – A#/Bb – B. Tangga nada mayor rumusnya seperti pada gambar : 1 – 1 – ½ – 1 – 1 – 1 – ½


Untuk mudah mengingat, jarak 1 nada berarti ada 1 nada pemisah diantara dua nada yang di jarakin, sedangkan ½ nada, berarti tidak ada jarak/tepat berseblahan. Untuk piano, jarak 1 nada ditandai dengan satu tuts, sedangkan pada gitar, jarak 1 nada di tandai dengan 1 kolom/fret. Misal tangga nada mayor untuk D = do, berarti D – E – F#/Gb – G – A – B – C#/Db – D Coba cari tangga nada untuk nada dasar lain, dengan memperhatikan rumus jarak-jarak nada tersebut..! 

Tangga Nada / Nada Dasar Kres
1 # (Kres) : G = Do
2 # (Kres) : D = Do
3 # (Kres) : A = Do
4 # (Kres) : E = Do
5 # (Kres) : B = Do
6 # (Kres) : F# = Do
7 # (Kres) : C# = Do


Tangga Nada / Nada Dasar Mol
1 b (Mol) : F = Do
2 b (Mol) : Bb = Do
3 b (Mol) : Eb = Do
4 b (Mol) : Ab = Do
5 b (Mol) : Db = Do
6 b (Mol) : Gb = Do
7 b (Mol) : Cb/B = Do

Jika memperhatikan lingkaran nada pada gambar di kanan diatas, tangga nada kres secara berurutan dari nada netral C adalah mundur 5 (lima) langkah, jadi dari C mundur 5 langkah berarti ke G (1 kres), G mundur lima langkah berarti D (2 kres). Sedangkan untuk Mol, maju/naik 5 langkah. Dari C naik 5 langkah berarti F (1 Mol), F naik 5 langkah beberati Bes (2 Mol). Begitu seterusnya sampai 7 mol dan 7 kres. Kenapa Cuma sampai 7 (tujuh) ? di artikel lanjutan akan saya jelaskan.

Saya sarankan Anda menghapal lingkaran nada tersebut, karena akan selalu terpakai sampai kapanpun. Khususnya jika Anda mentranspose sebuah lagu ke nada dasar lain.

Misal nada dasar C = do
Dominan = C
Sub Dominan = F
Median = G 

Atau biasa di sebutkan di kalangan awam, nada dasar/chord C, chord tingginya ke F, rendahnya ke G. untuk memudahkan menghapal : chord dasar – chord tingginya maju/naik 5 langkah dari chord dasar, – sedangkan chord rendahnya mundur 5 langkah.

Jadi ketika bermain di nada dasar F = do, berarti chord tingginya, F naik 5 langkah berarti Bb(Bes), sedangkan chord rendahnya, F mundur lima langkah berarti C.Bila telah menghapal lingkaran nada tersebut, praktis Anda tidak akan kebingungan lagi ketika mentranspose nada dasar sebuah lagu, tinggal hitung langkah-langkah dalam lingkaran nada tersebut saja.



Ciri-ciri tangga nada mayor
Ciri-cirinya adalah:
Bersifat riang gembira
Bersemangat
Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
Mempunyai pola interval : 1 , 1 , ½, 1 , 1 , 1, ½



0 C a C a
1 F d G e
2 B♭ g D b
3 E♭ c A f♯
4 A♭ f E c♯
5 D♭ b♭ B g♯
6 G♭ e♭ F♯ d♯
7 C♭ a♭ C♯
huruf kecil adalah minor angka menunjukkan jumlah mol atau kres pada tangga nada (F = 1 mol, f = 4 mol, dst



Ciri-ciri tanada nada minor
Ciri-cirinya adalah:
Bersifat sedih
Kurang Bersemangat
Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La = A
Mempunyai pola interval : 1 , ½ , 1 , 1 , ½ , 1 , 1

Tanda mula tangga nada minor
Tangga nada minor menggunakan tanda mula yang sama dengan tangga nada mayor; tanda mula yang sesuai dengan pola interval suatu tangga nada minor alami dianggap sebagai tanda mula untuk tangga nada minor tersebut. Tangga nada mayor dan minor yang memiliki tanda mula sama disebut sebagai relatif; jadi tangga nada C mayor merupakan mayor relatif dari tangga nada A minor, dan tangga nada C minor adalah minor relatif dari tangga nada Es mayor.

Tangga nada mayor relatif dari suatu tangga nada minor ditentukan dengan menaikkan nada tonika tangga nada minor tersebut sebanyak satu nada dan satu seminada (tiga setengah langkah), yaitu dengan interval terts minor. Jika tanda mula suatu tangga nada, misalnya G mayor, terdiri dari satu kres, maka tangga nada minor relatifnya, E minor, juga memiliki satu kres sebagai tanda mula.



0 C a C a
1 F d G e
2 B♭ g D b
3 E♭ c A f♯
4 A♭ fE c♯
5 D♭ b♭ B g♯
6 G♭ e♭ F♯ d♯
7 C♭ a♭ C♯
huruf kecil adalah minor angka menunjukkan jumlah mol atau kres pada tangga nada (F = 1 mol, f = 4 mol, dst)

5 komentar:

  1. terima kasih, ini sangat membantu saya untuk mengerjakan tugas musik saya.

    BalasHapus
  2. Trims Byk Ilmu nya...Smoga sukses

    BalasHapus
  3. Trims Byk Ilmu nya...Smoga sukses

    BalasHapus
  4. Betway Casino Review 2021 | Get Up To $1600 Free
    Betway is one of the largest online gambling sites. 오산 출장샵 They 남원 출장안마 operate under the 익산 출장마사지 Malta 창원 출장샵 Gaming Authority. 과천 출장샵 The company is owned and operated by the Maltese  Rating: 8.4/10 · ‎Review by Joe Kizlauskas

    BalasHapus